Mei 21, 2013

Pengertian Windows 8

Pengertian Windows 8

      Windows 8 merupakan rilisan terbaru dari sistem operasi Windows produksi Microsoft. Windows dapat digunakan pada komputer pribadi, termasuk komputer rumah dan bisnis seperti desktop, laptop, tablet dan PC home theater. Pengembangan Windows 8 dimulai sebelum rilis pendahulunya di tahun 2009. Keberadaannya pertama kali diumumkan di CES 2011, dan diikuti oleh rilis dari tiga versi pre-release dari September 2011 sampai Mei 2012. Sistem operasi ini dirilis untuk manufaktur pada tanggal 1 Agustus 2012, dan dirilis untuk ketersediaan umum pada tanggal 26 Oktober 2012.
Windows 8 memperkenalkan perubahan yang signifikan untuk platform sistem operasi. Terutama difokuskan untuk memperbaiki pengalaman pengguna pada perangkat mobile seperti tablet untuk menyaingi sistem operasi mobile lainnya seperti Android dan iOS, mengambil keuntungan dari teknologi baru seperti USB 3.0, 4Kn Format canggih, UEFI firmware, dekat lapangan komunikasi, komputasi awan dan arsitektur ARM daya rendah, fitur keamanan baru seperti penyaringan malware, built-in kemampuan antivirus, proses instalasi baru dioptimalkan untuk distribusi digital, dan dukungan untuk boot yang aman (sebuah fitur UEFI yang memungkinkan sistem operasi untuk ditandatangani secara digital untuk mencegah malware yang mengubah proses boot), kemampuan untuk menyinkronkan aplikasi tertentu dan pengaturan antara beberapa perangkat, bersama dengan perubahan lain dan perbaikan kinerja. Windows 8 juga memperkenalkan shell baru dan antarmuka pengguna berdasarkan pada bahasa Microsoft desain “Metro”, menampilkan layar baru dengan grid dinamis, memperbarui ubin untuk mewakili aplikasi, platform aplikasi baru dengan penekanan pada masukan touchscreen, dan Windows Store baru untuk mendapatkan dan / atau membeli aplikasi untuk berjalan pada sistem operasi.
Windows 8 dirilis untuk penerimaan campuran. Meskipun reaksi terhadap perbaikan kinerja, peningkatan keamanan, dan meningkatkan dukungan untuk perangkat touchscreen adalah positif, antarmuka pengguna baru dari sistem operasi telah banyak dikritik karena berpotensi membingungkan dan memiliki kurva belajar yang curam (terutama bila digunakan dengan keyboard dan mouse bukan dengan perangkat layar sentuh). Meskipun memiliki kekurangan, 60 juta lisensi Windows 8 telah terjual hingga Januari 2013. Ini termasuk upgrade dan penjualan untuk OEM untuk PC baru.
Fitur dan fungsi baru pada Windows 8 cukup mengagumkan. Beberapa contohnya yaitu startup yang cepat melalui integrasi UEFI dan mode “Boot Hybrid” baru, layar kunci (lock screen) baru dengan jam dan pemberitahuan, dan kemampuan untuk membuat versi live USB Windows (dikenal sebagai Windows to Go). Windows 8 juga menambahkan dukungan asli untuk perangkat USB 3.0, yang memungkinkan untuk transfer data yang lebih cepat dan ditingkatkannya manajemen daya dengan perangkat yang kompatibel. Dan dukungan hard disk 4Kn Advanced Format, serta dukungan untuk komunikasi jarak dekat untuk memudahkan berbagi dan komunikasi antar perangkat.
Windows Explorer telah diubah namanya menjadi File Explorer. Operasi kotak dialog File pada File Explorer telah diperbarui untuk menyediakan statistik yang lebih rinci, kemampuan untuk melakukan jeda pada saat transfer file, dan perbaikan kemampuan untuk mengelola konflik ketika menyalin file. Sebuah “File History” baru yang memiliki fungsi untuk memungkinkan revisi tambahan dari file yang akan dikembalikan dari perangkat penyimpanan sekunder.
Task Manager juga telah didesain ulang. Termasuk proses tab baru dengan opsi untuk menampilkan rincian lebih sedikit atau lebih pada aplikasi yang sedang berjalan dan proses latar belakang, heat map dengan menggunakan warna yang berbeda yang menunjukkan tingkat penggunaan sumber daya, statistik jaringan dan disk, pengelompokan berdasarkan jenis proses (misalnya aplikasi, proses latar belakang dan proses Windows), dan opsi baru yang memungkinkan pengguna untuk mencari web untuk menemukan informasi tentang suatu proses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar